IBX5A1391867A36C

Rabu, 01 November 2017

Manfaat dan Cara Membuat Salad Untuk Kesehatan



Manfaat dan Cara Membuat Salad Untuk Kesehatan

Salad merupakan makanan yang terbuat dari potongan sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan telur yang dicampur dan dibumbui oleh jenis saus tertentu. Banyak orang mengetahui manfaat sehat dari salad, namun karena rasanya yang aneh dan membosankan, orang seringkali enggan memasukkan salad ke dalam menu harian mereka.

Padahal jika Anda memasukkan salad dalam diet Anda, Anda tidak akan menyesal karena makanan ini sangat baik untuk kesehatan. Bahkan para ahli kesehatan berpendapat bahwa makan salad setiap hari bisa menjadi cara paling menyehatkan.

selain itu, salad sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu memilih buah-buahan dan sayuran favorit Anda. Kemudian, potong menjadi potongan kecil sesuai selera Anda. Jika perlu tambahkan daging atau telur untuk variasi rasa
Tidak hanya kaya akan nutrisi penting, buah san sayuran mengandung sedikit kalori sehingga sangat bagus bagi Anda yang sedang berdiet. Bahkan, mengkonsumsi salad secara teratur dapat mencegah masalah kesehatan, seperti sembelit, kanker, dan pencernaan. Berikut 8 manfaat salad untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

8 Manfaat Salad untuk Kesehatan

1. Kaya Serat. Salad mengandung banyak serat karena makanan ini memang menggunakan buah-buahan dan sayuran dalam bentuk mentah. Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti salad secara teratur dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol Anda.

2. Mencegah Kanker
. Salah satu manfaat kesehatan dari makan salad adalah menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Cobalah untuk makan salad yang terbuat dari pir, stroberi, persik, apel, wortel, tomat, paprika dan kacang polong.

3. Sembelit. Keuntungan lain dari mengonsumsi makanan yang kaya serat yaitu mencegah sembelit. Mengkonsumsi salad setiap hari dapat membantu Anda dalam meningkatkan gerakan usus Anda dan buang air besar pun menjadi lancar.


4. Antioksidan Tinggi
. Dengan makan salad secara rutin, Anda akan mampu menyediakan cukup anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh Anda. Dengan kata lain, mengkosumsi salad berarti juga mencegah serangan penyakit.

5. Bayam & Kubis Hijau
. Salad yang mengandung bayam dan kubis hijau sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Mereka yang menderita kekurangan vitamin A juga dapat mencoba salad bayam dan kubis hijau.

6. Menurunkan Berat Badan
. Ketika Anda makan salad yang mengandung buah yang kaya serat atau sayuran, Anda akan cenderung merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama. Ini secara tidak langsung akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Jadi, makan salad juga mendukung program penurunan berat badan yang sedang Anda jalani.


7. Jantung Sehat.

Makan salad setiap hari juga akan membantu Anda dalam menjaga jantung Anda tetap sehat. Nutrisi dalam salad tidak akan hilang karena tidak melalui pemrosesan seperti direbus atau digoreng.

8. Bayam dan Kubis Hijau
. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salad bayam dan kubis hijau mengandung gizi yang baik untuk tulang. Oleh karena itu, biasakan untuk mulai makan salad sebelum tulang Anda keropos.

Manfaat Salad Buah Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya
Pilihlah buah yang mudah diproses (misalnya yang tidak perlu dibuangi bijinya/dikuliti/dipetiki/dikupas). Buah-buahan terbaik untuk salad biasanya adalah bluberi, rasberi, stroberi, dan anggur. Cobalah beraneka buah agar hasilnya berwarna-warni dan menarik.


Bahan : Aneka buah (rasberi, bluberi, stroberi, anggur, jeruk limau, lemon, dsb sesuai yang diinginkan).
Tambahan: almond (kenari belanda), kismis, krim.
Garam atau gula.

Cara Membuat : Pilihlah buah yang mudah diproses (misalnya yang tidak perlu dibuangi bijinya/dikuliti/dipetiki/dikupas). Buah-buahan terbaik untuk salad biasanya adalah bluberi, rasberi, stroberi, dan anggur. Cobalah beraneka buah agar hasilnya berwarna-warni dan menarik.

Dari buah-buahan yang Anda pilih tersebut, pilihlah yang organik. Setelah dibeli, organik ataupun bukan, cucilah dengan cermat. Tiriskan dan keringkan dengan baik. Tambahkan beberapa bahan yang menarik untuk keragaman rasa dan tekstur, seperti kismis, almond cincang, jeruk lemon, dan garam.

Bahan-bahan ini menonjolkan rasa buah-buahannya dan asam sitrus dari lemon mencegah buah-buahan berubah warna menjadi kecokelatan. Ambillah mangkuk besar untuk mencampur semua buah yang sudah dipotong. Peras satu buah jeruk limau ke dasar mangkuk sebelum menambahkan apa pun.

Tambahkan garam sesuai selera. Atau, jika Anda lebih suka gula, silakan gunakan sesuai selera Anda. Masukkan buah-buahan ke atasnya. Tambahkan dengan perasan satu buah jeruk limau (atau lemon) lagi. Taburilah dengan almond yang menambah kerenyahan yang pas bagi salad Anda.

Aduk hingga tercampur rata. Bagi ke dalam mangkuk-mangkuk kecil.Tambahkan sedikit krim di atasnya (jika suka).

Itulah cara membuat dan bahan salad buah yang sangat bermanfaat buah kesehatan kita karena kita mengkonsumsi beberapa jenis buah - buahan. Selamat mencobanya dirumah terutama buat ibu - ibu dan semoga bermanfaat ya buat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar