IBX5A1391867A36C

Selasa, 26 Desember 2017

7 Kesalahan Fatal Sebelum Membuat Rumah-Hunian Jadi Kurang Nyaman



7 Kesalahan Fatal Sebelum Membuat Rumah-Hunian Jadi Kurang Nyaman

Memiliki rumah sendiri dari hasil jerih payah sendiri merupakan kebanggaan yang tidak bisa diukur dengan apapun. Namun untuk mencapainya, diperlukan usaha yang keras dan penuh dengan perjuangan. Bahkan bukan hanya mengumpulkan dana saja yang memerlukan waktu, melainkan juga mengumpulkan kesiapan secara mental. Maka dari itulah memang benar jika membuat rumah itu memang ribet dan berat.

Setergesa-gesa apapun, membangun rumah tidak bisa dipercepat karena harus detail. Rumah akan berdiri dalam jangka waktu yang lama, jadi harus dibuat sekokoh mungkin. Jika tidak, dalam waktu sebentar saja, rumah akan cepat roboh. Kualitas material pun harus diperhatikan dengan baik untuk menunjang bangunan yang berkualitas. Bahkan bukan hanya itu saja, hal yang penting juga adalah pengawasan dalam pembangunan. Walaupun sudah diserahkan kepada kontraktor, namun akan lebih baik jika pembangunan rumah diawasi sendiri.

Namun dewasa ini, banyak rumah murah yang dijual. Harganya menggiurkan di tengah kebutuhan akan tempat tinggal yang semakin tinggi. Bukan hanya itu saja, pembeli tidak teliti dalam membeli. Yang penting mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Padahal kenyamanan bertempat tinggal tidak hanya sebatas merasakan kebersihan lingkungannya saja, melainkan juga memperhatikan kelengkapan administrasi rumah agar suatu saat tidak terjadi masalah. 


Berikut adalah 7 kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat rumah yang sebaiknya dihindari :
       Melanggar kebijakan dan aturan pemerintah dalam pembangunan rumah. Kita hanya butuh membangun rumah saja. Maka suatu saat akan ada sanksi yang menyertai sehingga akan sangat merugian kita sendiri. Kesalahan ini akan terkait dengan maslaah administrasi. Rumah akan dilengkapi dokumen administrasi yang lengkap. Jika tidak ada, maka akan sangat menghambat dan sudah pasti akan bermasalah suatu hari nanti.
       Tidak memiliki perencanaan ukuran bangunan yang seharusnya disesuaikan dengan ukuran lahan atau tanah yang ada. Yang terpikir hanyalah keinginan untuk segera memiliki rumah, tanpa berpikir panjang dalam perencanaan. Bahkan sampai melewati batas tanah dengan masuk ke tanah tetangga. Kasus ini akan menjadi perkara yang besar.
       Pembengkakan budget membuat rumah karena kekurangan perencanaan biaya yang ada. Kesalahan ini harus benar-benar dihindari, karena akan memberatkan kita sendiri. Belum terhitung uang pembelian materil dan upah pekerja yang akan selalu meningkat. Bisa dikalikan jika pembangunan berlangsung selama berbulan-bulan, maka akan semakin besar biaya yang dihabiskan. Jika tidak memiliki budget cukup, maka proses pengerjaan akan terhambat atau bahkan berhenti.
       Kesalahan memilih kontraktor yang kurang profesional. Bukannya membantu tetapi malah merugikan. Hal ini sangatlah merugikan nantinya.
       Terlalu percaya dan tunduk dengan konsep desain rumah yang diberikan oleh desainer rumah. Ini karena kita tidak memiliki ide sendiri. Akhirnya rumah yang kita inginkan tidak sama dengan apa yang kita inginkan.

Membuat rumah itu hal yang penting, tidak bisa terburu-buru jika ingin hasilnya memuaskan. Bahkan persiapan demi persiapan harus dilakukan dalam waktu yang lama, yakni jauh-jauh hari sebelumnya. Jangan sampai kesalahan-kesalahan terus terjadi sehingga merusak kenyamanan bertempat tinggal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar