IBX5A1391867A36C

Selasa, 05 Desember 2017

Tips Sederhana Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu



Tips Sederhana Agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Mungkin Anda sering mengeluh dan menggerutu melihat pekerjaan Anda tidak selesai, atau selesai namun jauh dari waktu yang ditentukan. Anda beralasan bahwa ini dan itu menyebabkan pekerjaan Anda tidak selesai.

Namun, sudah seringkah Anda intropeksi diri serta mengevaluasi apa yang menyebabkan pakerjaan Anda tidak juga selesai ? Sebab boleh jadi diri Anda sendirilah yang menyebabkan Anda tidak bisa menyelesaikan tugas dan pekerjaan Anda. Belum lagi faktor lingkungan di sekitar Anda juga ikut berpengaruh terhadap hasil kerja Anda. Lingkungan yang tidak kondusif, berhawa panas, berisik adalah beberapa contoh penyebab konsentrasi Anda menjadi buyar dan terpecah hingga Anda tak dapat menyelesaikan pekerjaan. Ada lagi yang gagal menyelesaikan pekerjaan gara – gara tak tahan godaan seperti ngobrol dengan teman, bermain game dan chatting di internet.

Kalau Anda ingin pekerjaan selesai tepat waktu dan segera pulang berkumpul dengan keluarga, sebaiknya Anda jalani tips-tips sederhana di bawah ini !

1).        Buat Daftar Tugas Hari Ini. Tulis apa yang harus Anda selesaikan dan bisa diselesaikan             hari ini lalu letakkan di tempat yang selalu terlihat oleh Anda. Dengan selalu melihat    daftar kerja, Anda jadi selalu ingat pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Paling tidak ini         dapat menjaga konsentrasi Anda dan akan mencegah Anda dari godaan-godaan yang         datang di kala Anda sedang bekerja.


2).        Buat Deadline. Setelah membuat daftar pekerjaan, untuk menjaga kedisiplinan Anda        dalam menyelesaikan pekerjaan, biasakanlah membuat batasan waktu dalam          menyelesaikan pekerjaan. Kemudian lakukan pekerjaan Anda secara berurutan. Lakukan satu demi satu dari mulai yang paling mudah diselesaikan sampai yang paling sukar.       Anda harus bisa mengukur sendiri tingkat kesulitan pekerjaan Anda. Sekalipun Anda             membuat batasan waktu penyelesaian, Anda tetap harus teliti. Tidak perlu tergesa-gesa      dan terburu-buru karena hal itu justru dapat membuat pekerjaan Anda berantakan dan           kacau. Apalagi jika kemudian kesalahan fatal, tentunya akan merugikan Anda sendiri,            teman-teman kerja Anda dan tempat Anda bekerja.

3).        Jangan Terlalu Sering Cek Email. Terlalu sering mengecek email membuat waktu          Anda menjadi berkurang. Dan ini tentu akan mempengaruhi durasi Anda dalam     mengerjakan tugas Anda. Bisa juga terjadi ketika Anda membaca email yang masuk,     konsentrasi Anda menjadi buyar karena isi email yang mempengaruhi perasaan dan      pikiran Anda. Carilah waktu yang tidak membuat Anda harus rehat dari aktifitas Anda     untuk membuka email seperti setiap 3 jam atau menjelang waktu istirahat siang dan waktu masuk lagi setelah istirahat. Anda juga memberi batasan pada diri Anda sendiri        untuk melihat email masuk nanti saat pekerjaan Anda selesai. Dengan begitu Anda tidak       banyak membuang waktu hanya untuk mengecek email masuk. Yang perlu Anda lakukan             adalah Anda harus mampu menahan diri untuk tidak tergoda dengan inbox.


4).        Kurangi Cek Akun Medsos. Yang ini agaknya memang terlalu sulit untuk dihindari.       Tersedianya fasilitas internet yang serba mudah dan praktis dengan munculnya berbagai            macam gadget memang memudahkan Anda berkomunikasi dengan orang lain, sahabat,        saudara serta, orang – orang terdekat Anda lainnya. Namun hal ini justru memiliki           dampak buruk ketika Anda melakukan komunikasi media sosial di saat Anda sedang   berusaha menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja. Waktu Anda akan menjadi banyak       terbuang karena Anda akan terlena. Anda terlalu asyik sehingga Anda tidak menyadari        bahwa Anda sudah larut dalam komunikasi Anda.Akibatnya, keinginan Anda agar   pekerjaan selesai tepat waktu tak bisa Anda dapatkan.

5).        Selesaikan Sebelum Mood Berkurang. Kehilangan mood menjadi salah satu sebab         Anda tak bisa menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi karena Anda sudah lelah, mata sudah    agak mengantuk, atau karena Anda merasa bahwa hanya pekerjaan Anda sendiri yang    belum selesai sementara Anda melihat beberapa teman kerja Anda sudah tersenyum           karena pekerjaannya selesai. Anda pasti tahu kapan waktunya mood Anda akan hilang.


            Jika satu jam atau satu setengah jam menjelang pulang pekerjaan belum selesai mood         Anda akan hilang, maka Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum waktu itu        datang. Kalau Anda memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan dalam keadaan tidak ada    konsentrasik dan mood, itu justru mengkhawatirkan. Karena pekerjaan Anda akan sangat   rawan dengan kesalahan.

            Lakukan pekerjaan Anda disaat mood Anda sedang tinggi dan batasi jangan sampai          berlarut-larut sampai mood Anda hilang. Jika memang perlu datang lebih pagi, datanglah            lebih pagi, itu akan lebih baik. Jika mungkin Anda menghandle pekerjaan esok hari di    sisa waktu yang ada hari ini, lakukanlah karena itu akan membantu mengurangi tugas Anda besok. Namun tetap harus dalam keadaan konsentrasi dan mood yang stabil.

6).        Hindari dan Jauhi Pengganggu Anda. Selain melakukan pekerjaan di kala mood tinggi dan stabil, Anda juga harus menjauhi orang–orang atau hal-hal yang mengganggu kerja         Anda. Seperti Anda sering menerima panggilan atau menghubungi orang tersayang Anda baik istri, suami, anak atau siapapun di saat Anda sedang bekerja. Tentu hal tersebut akan         menghentikan aktifitas Anda. Kalau Anda tidak ingin waktu Anda banyak berhenti, Anda            harus membatasi diri Anda melakukan hal-hal tersebut. Kurangi waktu Anda             menghubungi keluarga, atau alihkan ke waktu istirahat.

7).        Pasang Poster “Dilarang Mengganggu “. Jika memungkinkan untuk memasang tulisan   don’t disturb, pasanglah. Namun jika tidak, cukup Anda berkonsentrasi penuh agar          pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu. Pasang dalam hati Anda kata don’t disturb   tersebut sehingga Anda tidak mudah menanggapi hal-hal yang dapat mengganggu    pekerjaan Anda.
 
Pengganggu Anda bisa datang dari mana saja dan berupa apa saja. Kadang Anda menerima panggilan dari luar, menawarkan sesuatu yang tidak penting karena tidak ada kaitan dengan pekerjaan. Kadang teman atau sahabat Anda yang menghubungi Anda untuk mengajak makan siang atau makan malam di luar. Kalau Anda masih terikat dengan pekerjaan yang harus Anda selesaikan hari ini juga dan Anda benar-benar ingin menyelesaikannya, berikan padanya jawaban menolak secara halus dan singkat. Jangan pancing dia untuk ngobrol lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar