IBX5A1391867A36C

Senin, 29 Januari 2018

Beberapa Khasiat Biji Mahoni untuk Kesehatan



Beberapa Khasiat Biji Mahoni untuk Kesehatan

Mahoni seringkali banyak dimanfaatkan bagian batangnya saja untuk keperluan pembuatan furnitur rumah tangga. Namun, tahukah Anda bahwa selain kayunya, biji mahoni juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat biji mahoni untuk kesehatan? Berikut ulasannya.
KANDUNGAN GIZI BIJI MAHONI. Biji mahoni mengandung berbagai senyawa yang dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh. Dimana biji mahoni mengandung 3 senyawa utama yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Ketiga senyawa tersebut yaitu:


A. Flavonoid. Flavonoid sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan racun, serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
B. Saponin. Senyawa saponin dapat berfungsi untuk mengobati diabetes melitus, dimana efek hipoglikemik dari saponin dipercaya lebih kuat daripada obat antidiabetes generik. Serta berbagai manfaat lainnya disamping untuk pengobatan diabetes.
C. Alkaloid. Sebagian besar manfaat dari biji mahoni dikarenakan adanya kandungan alkaloid. Dimana kandungan alkaloid pada biji mahoni sangat efektif untuk detoksifikasi dan mencegah oksidasi pada tubuh.
Berikut  manfaat biji mahoni bagi kesehatan:
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Manfaat biji mahoni yang pertama yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan biji mahoni mengandung berbagai vitamin dan saponin yang sangat efektif dalam mencegah berbagai serangan penyakit dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Melancarkan Peredaran Darah. Khasiat biji mahoni yang mengandung flavonoid sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi kadar kolesterol dan timbunan lemak dalam pembuluh darah, serta kemampuannya dalam menangkal radikal bebas.
3. Mengontrol Kadar Gula Darah. Selanjutnya terdapat manfaat biji mahoni untuk diabetes. Dimana biji mahoni memiliki kemampuan sebagai astringent yang dapat membantu mengendapkan protein pada selaput lendir usus, dan membentuk lapisan khusus yang dapat melindungi usus sehingga dapat menghambat peningkatan glukosa dalam darah.
4. Mengatasi Alergi Kulit. Sifat antijamur dan astringent yang dimiliki biji mahoni ternyata sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit yang membandel. Anda dapat menggunakannya dengan cara dikonsumsi secara langsung atau mencampurkannya dengan bubuk biji mahoni, kemudian oleskan pada bagian kulit yang mengalami gejala alergi.
5. Mengurangi Rasa Nyeri saat Haid. Biji mahoni memiliki kandungan flavonoid dan berbagai mineral penting yang secara efektif dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi pada wanita. Oleh karena itu, jika dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan kimiawi untuk meredakan nyeri, yang memiliki kemungkinan efek samping, Anda dapat mengkonsumsi biji mahoni sebagai alternatif.
6. Menjaga Kesehatan Jantung. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam biji mahoni dapat berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, biji mahoni juga mengandung saponin yang sangat berguna untuk kesehatan jantung. Kombinasi kedua senyawa tersebut dapat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.
7. Menjaga Kesehatan Pencernaan. Manfaat biji mahoni yang selanjutnya yaitu dapat memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan suatu senyawa yang terkandung dalam biji mahoni dapat membantu kelancaran proses metabolisme sehingga buang air besar pun menjadi lebih teratur.
8. Membantu Meningkatkan Berat Badan. Pada dasarnya Anda dapat meningkatkan berat badan Anda dengan cara mengkonsumsi makanan sehat lebih banyak dan lebih sering dari biasanya. Selain cara tersebut, Anda dapat mencoba untuk menggunakan biji mahoni sebagai suplemen untuk membantu meningkatkan berat badan Anda.
CARA MENGKONSUMSI BIJI MAHONI. Minumlah 1 hingga 2 gelas air sebelum mengkonsumsi biji mahoni untuk membersihkan sistem pencernaan sehingga proses penyerapan menjadi lebih baik. Kemudian Anda dapat langsung menelannya atau mengunyahnya (terasa pahit) terlebih dahulu lalu telan dengan air. Anda dapat mengkonsumsinya baik sebelum maupun setelah makan.



EFEK SAMPING BIJI MAHONI. Pada dasarnya biji mahoni akan aman dikonsumsi dan memberikan beragam manfaat ketika dikonsumsi secara tidak berlebihan, yaitu cukup mengkonsumsi buah mahoni sebanyak 1 biji per harinya. Hal ini untuk menghindari asupan saponin dan flavonoid yang berlebihan.
Karena kurangnya informasi mengenai efek samping biji mahoni, maka disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kesehatan jika Anda ingin menggunakan biji mahoni sebagai pengobatan agar tidak menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh Anda.

Melalui artikel ini, dapat diketahui bahwa pohon mahoni memiliki banyak manfaat, terkhususnya manfaat biji mahoni untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, baca artikel sebelumnya, yaitu Buah yang Baik untuk Ibu Hamil atau kembali ke halaman utama Khasiat Sehat untuk membaca berbagai artikel informatif lainnya.

1 komentar:

  1. Terima kasih telah berbagi informasi yang sangat menarik,semoga bermanfaat Empat Manfaat Biji Pepaya

    BalasHapus